Sabtu, 21 Maret 2020

Tips Jitu Praktis Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Mati Total, Digantung Tidak Berputar, Yang Putarannya Lambat, Dan Kapasitor Kipas Angin.

Hello Sahabat Rumah Ruko Tanah dijual disewakan Balikpapan Samboja. Kali ini sya akan membagikan kepada anda tips cara memperbaiki kipas angin yang rusak mati total, digantung tidak berputar, yang putarannya lambat, kapasitor kipas angin yang bermasalah, dan sebagainya.
.
Hari-hari ini udara cukup panas di bebera kota, usut punya usut ternyata ini efek pemanasan global. Mau tidak mau, Anda harus menyalakan AC, sayang semua orang tak punya AC. Maka kipas angin bisa jadi alternatifnya, semilir angin yang berhembus dari kipas angin akan membantu Anda terbebas dari udara panas.

 Digantung Tidak Berputar, Yang Putarannya Lambat, Dan Kapasitor Kipas Angin.Tips Jitu Praktis Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Mati Total


Salah satu kelebihan kipas angin dibanding AC adalah kerena watnya yang ringan, tak seberat AC. Kipas angin, hampir ada dibanyak rumah orang indonesia, terutama keluarga kecil. Salah satu sebabnya karena harganya yang bisa dibilang relatif murah, tapi ada juga lho yang mahal.

Harga kipas angin ada yang cuman puluhan ribu rupiah sampai jutaan. Berapapun harganya kipas angin harus berfungsi dengan baik, gak lucukan kalau punya kipas angin harga jutaan namun tak bisa digunakan, alias mati. Demikian juga yang harga murah, yang penting kipas angin itu hidup dan dapat digunakan untuk mengusir panas.

Tips Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak 

Nah oleh karena itu, saya akan bagikan info mengenai tips memperbaiki kipas angin, mengapa demikian? Karena, kadang kita sebagai pengguna kipas angin tak tahu kapan kipas itu akan mati atau rusak. Kalu rusak kan repot, jadi panas udara diruangan. Maka dari itu silahkan simak tips berikut.

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan kipas angin berhenti berputar, berputar tidak maksimal, atau berputar tapi kipas angin tersebut mengeluarkan suara dengungan. Anda dapat mempraktekkan tips ini untuk membetulkan kipas angin yang rusak tersebut, yang penting rusaknya bukan karena hal berat, seperti hancur dan patah karena jatuh atau tertabrak.

Bongkar kipas angin 

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membongkar kipas angin tersebut, mengapa perlu dibongkar? Tentu saja untuk mengetahui apa saja yang jadi masalah, sampai-sampai kipas angin kesayangan Anda mati.

Jika Anda sudah berhasil melepas semua bautnya, selanjutnya silahkan bongkar bagian luar kipas ngin, kemudian buka berbagai baut yang mengunci rumah dinamo kipas, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati, karena disana ada beberapa kabel lain, jangan sampai karen pembongkaran ini malah kabel lainnya putus.

Lihat penutup dinamo 

Langkah selanjutnya yang patut Anda coba adalah mengecek bagian dinamo. Caranya, silahkan buka motor dinamonya, hati-hati saat membuka penutu tersebut. Selanjutnya silahkan baut dan keluarkan stator dari bagian dalam (atau biasa disebut spul), jangan lupa keluarkan juga as motornya.

Saat Anda berusaha mengeluarkan spul dan as motor kipas angin, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati, jangan sampai membuat salah satu kabel spul putus. Jika putus maka Anda harus nyepul ulang hehe. Biaya lagi.

Cari bearing atau bushing kipas angin 

Salah satu sebab kipas angin tak mau berputar, bisa jadi karena bearing atau bushing yang sudah aus. Tentu saja karena pemakaian, umur dan kualitas kipas angin sangat mempengaruhinya.

Untuk memastikannya maka silahkan lihat apakah posisi bearing dan bushing didalam motor dinamu sudah longgar, sudah obalk, coba goyangkan, jika berbungi dan tampak oblak, maka dapat diambil perkiraan bahwa bearing dan bushing Anda minta ganti yang baru.

Solusinya silahkan ganti baru, dan pasang kembali sesuai posisnya.


Bersihkan debu dan kotoran yang menempel 

Setelah Anda pasang bearing dan bushingnya, silahkan Anda bersihkan debu maupun kotoran yang menempel pada kipas angin sampai bersih. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan kapas basah atau kanebo basah.

Rakit kembali kipas angin kebentuk semula 

Jika kipas angin sudah bersih, Anda sudah bisa merakitnya kembali, sesuai bentuk semula. Namun sebelum dirakit, jangan lupa untuk memberi vaseline atau oli, pada bagian yang dirasa perlu.


Beberapa masalah yang sering terjadi terhadap kipas angin 

Penyebab kipas angin panas dan tidak berputar

Kipas angin tanpa kapasitor

Memperbaiki kipas angin tanpa thermofuse

Cara memperbaiki kipas angin berdengung

Bearing kipas angin


Untuk kelanjutan dari beberapa materi di atas pantengin saja terus blog saya ini, atau anda ada masukan yang bisa berguna untuk orang lain anda bisa email ke email saya dan anda juga bisa komen di artikel ini, agar membantu saya dalam mengevaluasi hal-hal yang kurang di dalam pembuatan artikel saya maupun penulisan, sekian dan terimakasih.